Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Picture alt

Cara Desain Stempel Lingkaran Di Adobe Photoshop Dengan Mudah

Biasaya untuk mendesain stempel yang berbentuk atau bermotif lingkaran kebanyakan orang mebuatnya dari CorelDraw tetapi kali ini saya akan menjelaskan cara desainnya menggunakan aplikasi adobe photoshop dengan mudah, oke kita langsung saja ke pembahasan.

1. Sebelumnya kamu buat dulu halaman kerja kami di photoshop untuk ukuran halaman kerja itu terserah kamu maunya gimana bisa ukuran A4 atau F4 toh juga hasil akhir bisa di crop.




2. Lalu pilih bagian rectangel tool dan pilih yang bagian elipse tool lalu buatkan pada halaman kerja dengan cara tekan tombol shift pada keyboard lalu klik kiri dan tahan pada mouse dan drag kursor ke bawah maka akan terbentuk lingkaran yang bulat, guna kita menekan tombol shift pada keyboard adalah agar lingkaran bisa bulat sempurna.





3. Setelah kita sudah buat lingkaran maka kita doubel klik pada layer lingkaran yang kita buat, maka akan ada muncul bagian LAYER STYLE maka aktifkan bagian stroke dan pilih warnanya warna hitam di bagian colour dan nilai strokenya buat sepuluh atau dua belas untuk ketebalan garis lingkaran stempel. jika sudah maka klik ok, maka akan ada terbentuk kita lihat di pinggir lingkaran yang kita buat garis hitam, atau bisa di bilang ada gambar lingkaran di halaman kerja di photoshop,






4. Lalu setelah itu kita gandakan layer stempel yaitu layer shape dengan cara klik kanan pada layer shape1 dan pilih duplicate layer lalu akan ada tampil di bagian duplicate layer lalu pilih ok dan akan ada kamu lihat layer baru yang bernama shape 1 copy, 




5. lalu kamu tekan tombol keyboard CTRL + T tentunya haruslah layer hape 1 copy yang kamu pilih lalu akan kamu lihat pada objek lingkaran terbingkai maka lalu tekan tombol shift pada keyboar sambil dan klik pada mosuse lalu drag pinggiran lingkaran ketengah maka akan terlihat nanti ada dua lingkaran dan paskan lingkaran yang di masukkan kedalam supaya pas di tengah lalu jika pas tekan enter pada keyboard.

6. selanjutnya ketik teks untuk didalam lingkaran, untuk teksny silahkan kamu buat terserah sesuai kebutuhan, disini saya buat CONTOH DESAIN STEMPEL, untuk mengetik teks pilih teks di bagian tool yang ada di pinggir kiri yang ada ikon T yang horizontal type tool lalu ketikkan di pinggir lingkaran mengikuti bentuk llingkaran, tapi kamu harus klik kursor mouse di dekat garis lingkaran yang layer shape 1 dan layer yang aktif kamu select adalah layer yang layer shape 1 copy, setelah kamu ketik kamu geser nanti teks dianatar garis kedual lingkaran agar posisinya pas dengan cara saat seperti ngepaskan layer lingkaran layer shape 1 copy tadi yaitu dengan CTRL + T pada keyboard dan klik dan tarik ujung yang kayak terbingkai karena CTRL + T tadi, jika ingin merengkangkan spasi teks silahkan kamu atur di bagian







7. Selanjutnya adalah kita memasukkan persegi panjang di bagian tengah lingkaran untuk caranya pilih yang rectangle tool dan buatkan di belakang lingkaran, dan untuk posisi layer harus di atas layer shape 1 copy  dan untuk pembuatan stroke sama dengan cara pembuatan strok untuk garis lingkaran yang sudah kita bahas langkah nomor 3. 






8. Lalu untuk menghilangkan garis pinggir kiri dan kanan persegi panjang adalah pertama kita duplicate dulu layer persegi panjang yaitu yang layer shape 2 lalu akan ada nama layaer baru yaitu  shape 2 copy lalu select kedua layer yaitu layer shape 2 copy dan shape 2 dengan cara klik dan tahan tombol shift dan klik pada mouse maka akan terseleksi kedua layer atau bisa di bilang terblok lalu lanjut tekan tombol keyboard CTRL + E agar kedua layer menyatu dan stroknya juga menyatu sehingga menjadi objek yang sudah mati.




9. Lalu kita hapuslah bagian garis pinggir kiri dan kanan persegi panjang dengabn cara pilih tool yang eraser tool dan gosokkan ke bagian  garis pinggir kiri dan kanan persegi panjang maka garis akan terhapus tapi jangan lewat garis lingkarang untuk bagian dalam agar tidak gagal. tapi sebelumnya buat dulu multiply untuk layer shape 2 agar gambar persegi panjang menjadi transparan sehingga garis lingkaran kelihatan saat kita menghapus garis pinggir kiri dan kanan persegi panjang, setelah itu ketik teks di bagian persegi panjang.









Post a Comment

0 Comments